Pengaruh Kualitas Layanan Customer Service Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Bank Muamalat KCP Stabat

Authors

  • Tuni Sahdina STAI Jam'iyah Mahmudiyah Tanjung Pura, Langkat
  • Yaumul Khair Afif STAI Jam'iyah Mahmudiyah, Langkat

Keywords:

Kualitas Layanan, Kepuasan Nasabah

Abstract

Hasil uji statistik menunjukkan bahwa baik secara parsial maupun secara simultan variabel bebas yang diteliti yaitu kualitas layanan (X) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah (Y) pada Muamalat KCP Stabat. Pengaruh Kualitas layanan (X) dan kepuasan nasabah (Y) kepuasan nasabah sebesar 62%, sedangkan sisanya sebesar 38% (100% - 62%) dipengaruhi oleh variabel-variabel lain. Kualitas layanan memiliki arah yang positif terhadap kepuasan nasabah pada Muamalat KCP Stabat. Artinya semakin kualitas layanan yang diterapkan maka akan semakin meningkatkan kepuasan nasabah pada Muamalat KCP Stabat. Begitupun sebaliknya, apabila kualitas layanan yang diberikan tidak sesuai maka akan mengurangi kepuasan nasabah pada Muamalat KCP Stabat. Agar kepuasan nasabah Muamalat KCP Stabat tetap tinggi, maka perusahaan tetap harus mempertahankan kualitas layanan yang baik kepada nasabahnya. Untuk peneliti selanjutnya terkait kualitas layanan sebuah bank perlu melihat faktor-faktor lain atau mengembangkan lebih banyak menggunakan variabel independen, misalnya etos kerja, reword dan punisment serta melibatkan lebih banyak responden dalam melakukan penelitian yang dapat mempengaruhi kepuasan nasabah. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya kualitas layanan yang diberikan Muamalat KCP Stabat. Karena startegi Pemasaran yang diberikan merupakan wujud dan bentuk upaya meningkatkan kepuasan nasabah, semakin baik kualitas layanan yang diberikan maka memicu kepuasan nasabah kearah yang positif begitupun sebaliknya.

References

Agia, L. N. (2022). Analisis Kualitas Layanan Bank Syariah Indonesia Menggunakan. COSTING : Journal of Economic, Business and Accounting, 5, 1570–1574. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/costing.v5i2.3764

Andriyani, M., & Ardianto, R. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Nasabah Bank. EKOMABIS: Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis, 1(02), 133–140. https://doi.org/10.37366/ekomabis.v1i02.73

Aulia, M. R., & Hafasnuddin. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan, Kepuasan Dan Religiusitas Terhadap Loyalitas Nasabah Bank Syariah Mandiri Cabang Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen TERAKREDITASI SINTA, 4(1), 108–121. http://www.jim.unsyiah.ac.id/EKM/article/view/16370

Darma yanti Lubis, S. L. (2023). Pengaruh Persepsi Kegunaan, Kemudahan dan Keamanan Terhadap Kepuasan Nasabah Menggunakan Mobile Banking. JEKSya Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Syariah, 2(2), 443–456. https://jurnal.perima.or.id/index.php/JEKSya/article/view/226/195

Diva, I., Ashal, F. F., & Ridha, I. R. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan Mobile Banking Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Aceh Syariah Di Kecamatan Kuta Alam. Journal of Sharia Economics, 3(2), 198–214. https://doi.org/10.22373/jose.v3i2.2080

Eriyanti, hasnuna. (2021). Pengaruh Produk, Promosi, dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah Simpanan PT. Bank Muamalah Indonesia, Tbk. Cabang Pangkalpinang. Jurnal Manajemen Dan Investasi, 3(1), 83–95. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31851/jmanivestasi.v3i1.6408

Lubis, D., Annisa, C., & Salsabila, A. (2022). Pengaruh Pelayanan dan Merek Perusahaan Terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan Produk Tabungan di Bank Sumut Syariah Stabat. JEKSya: Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Syariah, 1(1), 19–25. https://jurnal.perima.or.id/index.php/JEKSya/article/view/64

Novani, F. (2022). Pengaruh Layanan Mobile Banking Terhadap Jumlah Nasabah Menabung Pada PT. Bank Syariah Indonesia, Tbk Kcp Stabat. Al-Sharf: Jurnal Ekonomi Islam, 3(1), 102–113. https://doi.org/10.56114/al-sharf.v3i1.252

Reza Nurul Ichsan, A. K. (2021). Kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah pt. Jasa raharja medan. Jurnal Penelitian Pendidikan Sosial Humaniora, 6(1), 54–57. https://doi.org/10.32696/jp2sh.v6i1.729

Sari, R., Saleh, M., & Hasanah, N. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kinerja Produk Tabungan Wadiah Terhadap Kepuasan Nasabah PT Bank SUMUT Syariah Cabang Stabat. JEKSya: Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Syariah, 02(01), 43–51.

Setiawan, F., Febria, M. F., & Sulaeman, E. (2022). Pengaruh Presepsi Nilai Terhadap Kepuasan Pelanggan (Survei Terhadap Konsumen Indihome Kabupaten Karawang). Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 1349–1358.

Downloads

Published

2023-12-30