Pengaruh Pengetahuan Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Mahasiswa STAI Jam’iyah Mahmudiyah Memilih Jasa Bank Syariah Indonesia

Authors

  • Ikhwani Fajar STAI Jam'iyah Mahmudiyah, Langkat

Keywords:

Pengetahuan, Kualitas Produk, keputusan nasabah

Abstract

Variabel Pengetahuan memiliki pengaruh terhadap keputusan Mahassiwa untuk menjadi nasabah pada PT Bank Syariah Indonesia secara siqnifikan. Hal ini disimpulkan berdasarkan hasil pengujian pernyataan quisioner tentang pengetahuan pada tabel di atas dapat dilihat bahwa nilai seluruh rhitung pernyataan pengetahuan produk > rtabel 0,251 sehingga dapat dinyatakan bahwa seluruh butir pernyataan pengetahuan telah valid. Kualitas Produk memiliki pengaruh terhadap keputusan Mahasiswa untuk menjadi nasabah pada PT Bank Syariah Indonesia secara positif dan signifikan. Hal ini disimpulkan berdasarkan hasil pengujian validitas pernyataan quisioner tentang kualitas produk pada tabel di atas dapat dilihat bahwa nilai seluruh rhitung pernyataan kualitas produk > rtabel 0,251 sehingga dapat dinyatakan bahwa seluruh butir pernyataan kualitas produk telah valid. Secara bersamaan pengetahuan dan kualitas produk memiliki pengaruh positif dan siqnifikan terhadap keputusan Mahassiwa Fakultas Ekonomi Syariah STAI Jam’iyah Mahmudiyah Tanjung Pura untuk menjadi nasabah bank syariah Indonesia. Hal ini disimpulkan berdasarkan hasil pengujian validitas pernyataan quisioner tentang keputusan Mahassiwa pada tabel di atas dapat dilihat bahwa nilai seluruh rhitung pernyataan keputusan Mahasiswa > rtabel 0,251 sehingga dapat dinyatakan bahwa seluruh butir pernyataan telah valid. Berdasarkan hasil regresi linier berganda pada tabel di atas maka dapat dibuat persamaan Keputusan = 11,556 C + 0,349X1 + 0,269X2. Berdasarkan persamaan tersebut maka dapat diuraikan penjelasan bahwa Nilai konstanta 11,556 memberi arti bahwa jika secara keseluruhan nilai pengetahuan dan kualitas produk berpengaruh secara positif terhadap keputusan Mahassiwa untuk menjadi nasabah bank syariah Indonesia.

References

Andira, H., & Sundari, E. (2021). Pengaruh Strategi Pemasaran Syariah Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Toko Herbal Az-Zahra Kota Dumai. Jurnal Tabarru’: Islamic Banking and Finance, 4(2), 335–344. https://doi.org/10.25299/jtb.2021.vol4(2).7421

Andriyani, M., & Ardianto, R. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Nasabah Bank. EKOMABIS: Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis, 1(02), 133–140. https://doi.org/10.37366/ekomabis.v1i02.73

Eriyanti, hasnuna. (2021). Pengaruh Produk, Promosi, dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah Simpanan PT. Bank Muamalah Indonesia, Tbk. Cabang Pangkalpinang. Jurnal Manajemen Dan Investasi, 3(1), 83–95. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31851/jmanivestasi.v3i1.6408

isnawati setyo putri, zahrani aya sofiya, riini irfaniyah ziya’ul haqque, arin setyowati. (2022). Mekanisme Perhitungan Bagi Hasil Pada Produk Tabungan Haji Berbasis Akad Mudharabah. Journal of Shariah Economic (MJSE), vol 2, no(1), h. 22-28. https://doi.org/10.2426/10.24269

Mara, A., Sani, A., & Harahap, M. A. (2023). Pengaruh Motivasi Menghindari Riba, Pengetahuan Produk dan Religiusitas Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah pada PT. Bank Syariah Indonesia KCP Stabat. JEKSya: Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Syariah, 02(01), 410–424. https://jurnal.perima.or.id/index.php/JEKSya/article/view/198

Maulana, F. R., Hasnita, N., & Evriyenni, E. (2020). Pengaruh Pengetahuan Produk Dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Nasabah Memilih Bank Syariah. JIHBIZ :Global Journal of Islamic Banking and Finance., 2(2), 124. https://doi.org/10.22373/jihbiz.v2i2.8644

Muhammad Arfan Harahap, Yochi Elanda, M. Sabri A. Majid, Marliyah, R. H. (2022). Bagaimana Utang Mendorong Terjadinya Krisis? Solusi dari Sistem Keuangan Islam. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journa, 4(3), 14–35. https://doi.org/DOI: 10.47476/reslaj.v4i3.905

Nurfadhilah, Muhammad Saleh, A. S. (2023). Pengaruh Etika Bisnis Islam dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Nasabah PT. Bank SUMUT Syariah KCP Stabat. JEKSya Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Syariah, 2(1), 285–297. https://jurnal.perima.or.id/index.php/JEKSya/article/view/164

Publising, K. A. (2023). PENGARUH PROMOSI DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP MINAT NASABAH DALAM MENGGUNAKAN PRODUK TABUNGAN HAJI INDONESIA (Studi Nasabah Bank Syariah Indonesia KCP Mojokerto Mojopahit 2) Nurul Azizah Ria Kusrini. 1(4), 629–639. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.61722/jiem.v1i4.544

Sabila Fatiha, Fani, F. (2022). Pengaruh gaya kepemimpinan dan motivasi dimasa pandemi terhadap kinerja karyawan bank muamalat malang raya. Jurnal Tabarru’ : Islamic Banking and Finance, 5(November), 377–386. https://doi.org/https://doi.org/10.25299/jtb.2022.vol5(2).9516

Yudiadari, N. K. P., & Agustina, M. D. P. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Nasabah Unit Simpan – Pinjam Bumdes Dana Merta Desa Tangkup Kabupaten Karangasem. Widya Amrita, 1(1), 216–232. https://doi.org/10.32795/widyaamrita.v1i1.1165

Zulkarnain, R., Taufik, H., & David Ramdansyah, A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk terhadap Loyalitas Nasabah dengan Kepuasan Nasabah sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada PT Bank Syariah Mu’amalah Cilegon). Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 1–24. https://doi.org/https://doi.org/10.47080/10.47080/vol1no02/jumanis

Downloads

Published

2024-06-10

Issue

Section

Articles