Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Pemahaman Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih di Kelas XI MAS Yaspen Muslim Pematang Tengah

Authors

  • Muhammad Firmansyah STAI Jam'iyah Mahmudiyah

Keywords:

Peningkatan, hasil belajar siswa, Model Pembelajaran

Abstract

Metode demontrasi pada siswa kelas XI MAS Yaspen Muslim Pematang Tengah kecamatan Tanjung Pura adalah sangat baik diterapkan karena mampu neningkatkan hasil belajar. Hasil belajar siswa kelas XI Madrasah Aliyah Swasta Yaspen Muslim Pematang Tengah pada mata pelajaran fikih materi pernikahan dalam Islam sebelum menerapkan metode pembelajaran demontrasi belum tuntas. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil pretest siswa yang telah diperoleh oleh siswa. Proses pelaksanaan pembelajaran fikih di kelas XI Madrasah Aliyah swasta Yaspen Muslim Pematang Tengah dengan penerapan metode pembelajaran demontrasi sesuai dengan rencana yang telah dibuat, kegiatan pembelajaran dilaksanakan dengan tidak lagi memberikan pretest kepada siswa, sebelum memulai pembelajaran guru memotivasi siswa agar lebih aktif daripada pertemuan sebelumnya. Langkah selanjutnya masih dalam panduan guru berupa tindakan persentase kelas dan kerja kelompok. Hasil belajar siswa kelas XI Madrasah Aliyah Swasta Yaspen Muslim Pematang Tengah pada mata pelajaran fikih materi pernikahan dalam Islam, setelah penerapan metode pembelajaran demontrasi pada siklus I nilai rata-rata meningkat menjadi 79,5 dengan persentase ketuntasan sebesar 57 % dan persentase ketuntasan belajar belum mencapai 85 %. Dan siklus II nilai rata-rata siswa mencapai 94 (30 siswa) dengan persentase ketuntasan 100% dengan selisi peningkatan dari siklus I menuju siklus II sebesar 57%. Dengan demikian siklus II mengalami peningkatan signifikan, sehingga peneliti berkesimpulan bahwa tidak perlu dilanjutkan lagi pada siklus berikutnya karena telah terpenuhinya ketuntasan siswa baik secara individu maupun secara klasikal. Dengan demikian maka terbuktilah hipotesa peneliti yang telah diajukan terbukti kebenarannya, pembelajaran dengan metode pembelajaran demontrasi pada mata pelajaran fikih materi pernikahan dalam Islam dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

References

Anitah, Sri, dkk. (2012). Stategi Pembelajaran di SD, Tangerang Selatan: Universitas Tebuka.

Ariep, Hidayat, dkk. (2021).”Metode Pembelajaran Aktif dan Kreatif Pada Madrasah Diniyah Takmiliyah di Kota Bogor” dalam Edukasi Islami:Jurnal Pendidikan Islam, Vol.09, No.01

Budiningsih. (2008). Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri, (2014). Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: PT. RinekaCipta.

Furchan, Arif. (1992). Pengantar Metode Penelitian Kualitatif . Surabaya: Usaha Nasional.

Harfiani, Rizka. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Media dan Sumber Belajar TK/RA Dengan Metode Demonstrasi Di Program Studi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, No.1. Volume 9.

Maula, Ismatul et.al. (2019). Pengembangan Metode Pembelajaran PAI di masa Pandemi Covid- 19, Melong Asih Regency B 40 Cijerah Kota Bandung – Jawa Barat.

Nurdin, Syafruddin dan Adriantoni. (2018). “Profesi Keguruan” Jakarta: Pustaka Pelajar.

Purwanto, (2009). Evaluasi Hasil Belajar, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Riyanto. (2012). Paradigma Baru Pembelajaran (Sebagai Referensi Bagi Pendidikan dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas), Jakarta: Kencana Prenada Media.

Sanjaya, Wina. (2018). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Perdana Media Group.

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta.

Suprijono. (2010). Cooperative Learning Teori & Aplikasi PAIKEM, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

2024-06-02

Issue

Section

Articles