Penerapan Model Pembelajaran Example Non Example Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Siswa Kelas VIII MTs Swasta Yaspen Muslim Pematang Tengah Kecamatan Tanjung Pura
Keywords:
Model pembelajaran, example non example, hasil belajar siswa, Pelajaran Akidah AkhlakAbstract
Penerapan model pembelajaran example non example dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak siswa kelas VIII MTs Swasta Yaspen Muslim Pematang Tengah Kecamatan Tanjung Pura. Penelitian ini menggunakan dengan metode penelitian tindakan kelas dengan 4 tahapan yang lazim, yaitu sebagai berikut: 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) Pengamatan, 4) Refleksi yang dirangkum dalam siklus. Dalam mengumpulkan data dengan menggunakan Instrumen dalam penelitian ini berbentuk dokumen, pedoman observasi, tes dan pedoman wawancara. Adapun lokasi penelitian dilakukan di MTs. Swasta Yaspen Muslim Pematang Tengah Kecamatan Tanjung Pura Kabupaten Langkat pada bulan Desember tahun 2023. Dalam penelitian ini, karakteristik subjek penelitian ini adalah kepala Madrasah, guru Akidah Akhlak, dan para siswa kelas VIII MTs. Swasta Yaspen Muslim Pematang Tengah Kecamatan Tanjung Pura. Adapun hasil dari kegiatan belajar mengajar pada observasi awal, siklus I dan siklus II. Adanya indikator peningkatan prestasi belajar siswa dapat dilihat dari hasil belajar siswa sebelum tindakan, siklus I sampai siklus II Terdapat peningkatan pada hasil belajar siswa. Dari hasil belajar siswa yang diperoleh setelah digunakannya model pembelajaran example non example pada pembelajaran akidah akhlak materi adab seorang muslim terhadap guru dan orang tua mulai mengalami peningkatan sebesar 74% pada siklus I dengan banyak siswa 26 orang dan 100% pada siklus II dengan banyak siswa 30 orang yang tuntas. Ini menunjukkan bahwa penggunaan example non example pada adab seorang Muslim terhadap guru dan orang tua pada siswa MTs. Yaspen Muslim Pematang Tengah dapat meningkatkan hasil belajar bahkan lebih dari yang ditargetkan.
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi (2011). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta : Bumi Aksara
Arikunto, Suharsimi (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta, Rineka Cipta
Aqib, Zainal (2017). Model-model, Media dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif), Bandung: Yrama Widya
Hamdani (2011). Strategi Belajar Mengajar, Bandung : Pustaka Setia
Hamdayama, Jumanta (2014). Model dan model pembelajaran kreatif dan berkarakter, Bogor; Ghalia Indonesia.
Hidayat, Ara dan Imam Machali (2012). Pengelolaan Pendidikan, Yogyakarta : Kaukaba
Huda, Miftahul (2013). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran, Yogyakarta: Pustaka Belajar
Majid, Abdul dan Dian andayani (2005) Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi (Konsep Implementasi Kurikulum 2004), Bandung; Remaja Rosdakarya.
Mudyahardjo, Redja (2008). Filsafat Ilmu Pendidikan, Cetakan ke 5, Bandung : Rosdakarya
Mulyasa (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka, Jakarta timur; PT.Bumi Aksara
Noer, Heru dan Munzier (2000). S. Watak Pendidikan Islam, Jakarta : Friska Agung Insani
Pidarta, Made (2013). Landasan Pendidikan, Jakarta : Rineka Cipta
Raco (2018). Metode Penelitian kualitatif jenis, karakteristik dan keunggulannya, Indonesia, Grasindo
Rusman (2011). Model—model Pembelajaran : Mengembangkan Porfesionalisme Guru. Cetakan 4, Jakarta : Rajawali Pers
Safitri, Dewi, (2019). Menjadi Guru Profesional, Riau; PT. Indragiri Dot.com
Siswanto, Wahyudi dan Dewi Ariani (2016). Model Pembelajaran Bandung: PT. Refika Aditama
Slameto (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya Jakarta : Rineka Ilmu
Sudijono, Anas (2009). Pengantar Evaluasi Pendidikan, Cetakan 3, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Sugiyono (2008)Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R dan D , Bandung :Alfabeta
Yumansyah, Taufik (2008). Buku Aqidah Akhlak cetakan pertama, Jakarta; Grafindo Media Pratama.