Penerapan Metode Al-Barqi dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist Kelas X MAS Jam’iyah Mahmudiyah Tanjung Pura

Authors

  • Addina Safira STAI Jam'iyah Mahmudiyah, Langkat
  • Abdullah Sani STAI Jam'iyah Mahmudiyah, Langkat

Keywords:

Kemampuan Membaca Al-Qur’an, Metode Al-Barqi, Al-Qur’an Hadist

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kemampuan Membaca Al-Qur’an setelah penerapan Metode Al-Barqi pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist Siswa Kelas X MAS Jam’iyah Mahmudiyah Tanjung Pura. Penelitian ini termasuk dalam penelitian tindakan kelas (Action Research). Penelitian  ini  menggunakan  jenis  model  kolaboratif  yaitu  peneliti  bersama guru bidang studi Al-Qur’an Hadist dikelas X MAS Jam’iyah Mahmudiyah Tanjung Pura. Subjek dalam Penelitian Tindakan Kelas adalah siswa kelas X MAS Jam’iyah Mahmudiyah Tanjung Pura dengan jumlah siswa 23 orang. Instrumen dalam peneliti ini adalah lembar observasi dan Tes yang sesuai dengan prosedur penelitian dengan mengamati siklus I dan siklus II.  Adapun hasil penelitian diperoleh (1) Aktifitas guru dalam meningkatkan kemampuan membaca Al- Qur’an siswa pada siklus I dengan kategori (baik) yaitu 75,51, dan meningkat pada siklus II yaitu dengan kategori (sangat baik) yaitu 91,66, (2) Aktifitas siswa terhadap penggunaan metode Al-Barqi dalam membaca Al- Qur’an pada siklus I dengan kategori (baik) yaitu 79,50, dan meningkat pada siklus II yaitu dengan kategori (baik sekali) yaitu 87,07. (3) Hasil ketuntasan dalam membaca Al-Qur’an mengalami peningkatan dengan penggunaan metode Al-Barqi, yaitu pada siklus I nilai rata-rata 73,91 dan meningkat pada siklus II menjadi 91,30. Dengan demikian kemampuan membaca Al-Qur’an siswa dengan menggunakan metode Al-Barqi mengalami peningkatkan pada pembelajaran Al-Qur’an Hadits di kelas X MAS Jam’iyah Mahmudiyah Tanjung Pura.

References

Abdurohim, A. I. (2007). Pedoman Ilmu Tajwid Lengkap. Bandung: Diponegoro.

Adhim, S. A. (2009). Nikmatnya Membaca Al-Qur'an. Solo: Anggota SPI.

Elfanany, B. (2013). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Araska.

Istin Novalia Khotima, d. (2022). Pengaruh Metode Pembelajaran Al-Barqy Berbantuan Kartu Huruf Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah Pada Anak Usia 5-6 Tahun Paud. Palembang: UIN Raden Fatah.

Muhadjir, S. (1999). Buku Belajar Mengaji al-Barqy 8 jam. Surabaya: CV Penasuci.

Ngatmin Abbas, D. d. (2011). Agama Islam 4 Untuk Sekolah Dasar Kelas IV. Jakarta: Pusat Kuriklum dan Pembukuan, Kementrian Pendidikan Nasional.

Suminarsih. (2012). Peningkatan Kemampuan Baca Tulis Al-Qu'ran Anak Melalui Metode Al Barqi Di Taman Kanak-kanak Satu Atap Sungai Lasi Kabupaten Solok . Padang : UNP.

Surana, Y. S. (2018). Pengelolaan Pembelajaran Membaca. Jurnal, 4(2), 129.

Trianto. (2010). Panduan Lengkap Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Downloads

Published

2024-06-02

Issue

Section

Articles