Pengembangan Modul Berbasis Practice Rehearsal Pairs Pada Mata Pelajaran Fiqh Kelas VII MTs Tarbiyah Waladiyah Pulau Banyak

Authors

  • Indah Andini STAI Jam'iyah Mahmudiyah, Langkat
  • Syarifah STAI Jam'iyah Mahmudiyah, Langkat

Keywords:

Pengembangan Modul, Practice Rehearsal Pairs, Fiqh

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya motivasi peserta didik dalam proses belajar mata pelajaran fiqih. Hal ini disebabkan karena guru hanya terpaku menggunakan LKS, dan metode yang digunakan yaitu ceramah sehingga peserta didik kurang memiliki minat belajar dan keterampilannya tidak tercapai secara optimal. Rumusan masalah penelitian ini yaitu bagaimanakah pengembangan modul berbasis practice rehearsal pairs pada mata pelajaran fiqih kelas VII di MTs. Tujuan dan manfaat penelitian ini adalah menghasilkan pengembangan modul berbasis practice rehearsal pairs pada mata pelajaran fiqih kelas VII di MTs dan memberikan modul sebagai salah satu solusi pembelajaran. Untuk megetahui kelayakan modul berbasis practice rehearsal pairs berdasarkan  respon guru fiqih, dan respon dari peserta didik terhadap modul berbasis practice rehearsal pairs yang telah dikembangkan. Pengembangan dilakukan dengan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Prosedur penelitian dan pengembangan menggunakan teori Borg and Gall. Data penelitian dikumpulkan dengan observasi, wawancara, penggunaan lembar validasi, angket respon guru serta peserta didik dan dokumentasi. Hasil respon penilaian guru mendapatkan presentase 89% dikategirikan “Sangat Layak” dan hasil respon penilaian peserta didik mendapatkan presentase 89% dikategirikan “Sangat Layak”. Dapat disimpulkan bahwa telah berhasil dikembangakan modul berbasis practice rehearsal pairs pada mata pelajaran fiqih kelas VII Di MTs layak dan dapat digunakan sebagai bahan ajar.

References

Arikunto, S. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Nurdin, S. (2016). Kurikulum dan Pembelajaran . Jakarta: Rajawali Pers.

Sani, R. A. (2014). Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Sanjaya, W. (2013). Strategi Pembelajaran . Jakarta: Pramedia Group.

Susanti, R. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Pai Berbasis Kurikulum 2013 di kelas 10 SDN 21 Batubasa Tanah Datar. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Supervisi Pendidikan, 2(2).

Wena, M. (2016). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2024-06-02

Issue

Section

Articles