Penerapan Strategi Pembelajaran Reading Guide Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Siswa Kelas IX Mts Swasta Yaspen Muslim Pematang Tengah Kecamatan Tanjung Pura.

Authors

  • Rika Kumala STAI Jam'iyah Mahmudiyah, Langkat
  • Khairuddin YM STAI Jam'iyah Mahmudiyah, Langkat

Keywords:

Strategi Pembelajaran Reading Guide, Kemampuan Komunikasi, Pelajaran Akidah Akhlak

Abstract

Penerapan strategi pembelajaran reading guide dalam upaya meningkatkan kemampuan komunikasi siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak siswa kelas IX MTs. Swasta Yaspen Muslim Pematang Tengah Kecamatan Tanjung Pura. Penelitian ini menggunakan dengan metode penelitian tindakan kelas dengan 4 tahapan yang lazim, yaitu sebagai berikut: 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) Pengamatan, 4) Refleksi yang dirangkum dalam siklus. Dalam mengumpulkan data dengan menggunakan Instrumen dalam penelitian ini berbentuk dokumen, pedoman observasi, tes dan pedoman wawancara. Adapun lokasi penelitian dilakukan di MTs. Swasta Yaspen Muslim Pematang Tengah Kecamatan Tanjung Pura Kabupaten Langkat pada bulan Desember tahun 2023. Dalam penelitian ini, karakteristik subjek penelitian ini adalah kepala Madrasah, guru Akidah Akhlak, dan para siswa kelas IX MTs. Swasta  Yaspen Muslim Pematang Tengah  Kecamatan Tanjung Pura. Adapun hasil dari kegiatan belajar mengajar pada observasi awal, siklus I dan siklus II. Indikator peningkatan prestasi belajar siswa dapat dilihat dari hasil belajar siswa sebelum tindakan, siklus I sampai siklus II Terdapat peningkatan pada prestasi belajar siswa dari awal nilai rata-rata pada nilai tes siklus I sebesar 68 dan nilai rata-rata pada nilai tes siklus II sebesar 77 meningkat 9. 

References

Andjarwati, Tri, dkk. (2021). Statistik Deskriptif, Sidoarjo, Zifatama Jawara

Hamid, Abdul, (2019). Penyusunan Tes Tertulis, Jawa timur, Uwais Inspirasi Indonesia

Harjanto (1997). Perencanaan Pengajaran, Jakarta, Rineka Cipta

Mulyasa (2004). Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK), Konsep, Karakteristik dan Implementasi, Bandung: Remaja Rosdakarya

Nurhayanti Sastradinata, B Lena. (2023). Transformasi Mindset dalam membangun kemampuan berpikir kritis melalui metode pembelajaran aktif, Yogyakarta; Cv. Budi Utama

Sagala, syaiful, (2003) Konsep dan makna pembelajaran, Bandung, Alfabeta

SM, Ismail, (2008) Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Efektif, dan Menyenangkan), Semarang; Rasail Media Group.

Wardhani, IGAK dan Kuswoyo Wihardit (2014). Penelitian Tindakan Kelas, Tangerang Selatan: Universitas Terbuka

Yuniyarti, (2014), Pengaruh pengelolaan kelas terhadap prestasi belajar siswa, Universitas Pendidikan Indonesia, Perpustakaan.upi.edu

Zaini, Hisyam (2004), Strategi Pembelajaran Aktif, Yogyakarta: CTSD

Downloads

Published

2024-06-02

Issue

Section

Articles