Analisis Kesiapan Madrasah Dalam Menghadapi Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) Di Madrasah Aliyah Negeri 2 Langkat

Authors

  • Sahnora STAI Jam'iyah Mahmudiyah, Langkat
  • Hasbullah STAI Jam'iyah Mahmudiyah, Langkat

Keywords:

Kesiapan Madrasah, Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses Analisis Kesiapan Madrasah Dalam Menghadapi Asesmen Kompetensi   Madrasah   Indonesia   (Akmi) Di Madrasah Aliyah Negeri 2 Langkat. Jenis dan Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik dan alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode wawancara, observasi, dokumetasi dan Angket yang dilakukan. Sedankan teknik analisis data yang digunakan adalah Reduksi Data, Penyajian Data dan Conclusion Drawing/Verification. Hasil penelitian menunjukan MAN 2 Langkat menghadapi sejumlah kendala dalam pelaksanaan Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) pada tahun 2022. Kendala tersebut mencakup keterbatasan sarana dan prasarana, terutama terkait perangkat ujian dan jaringan internet yang tidak stabil. Guru-guru dihadapkan pada tantangan penyesuaian dengan jenis soal literasi yang baru, sementara proktor mengalami kendala operasional seperti masalah login siswa dan keluarnya tiba-tiba dari halaman ujian. Di sisi siswa, mereka menghadapi kesulitan dalam menghadapi soal literasi yang panjang dan keterbatasan waktu ujian, ditambah masalah jaringan pada perangkat hanphone. Kesulitan dalam memahami dan menalar soal literasi menjadi kendala utama. MAN 2 Langkat dalam menghadapi Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) melibatkan beberapa aspek kunci. Pertama, aspek sarana dan prasarana menjadi faktor penting, terutama terkait ketersediaan perangkat ujian dan jaringan internet yang memadai. Kedua, kesiapan guru menjadi tantangan signifikan karena adanya jenis soal literasi yang baru, memerlukan penyesuaian dan persiapan yang matang. Ketiga, kesiapan siswa turut berperan dalam menghadapi AKMI, melibatkan aspek mental, pemahaman soal literasi, dan keterampilan dalam mengelola waktu ujian. Keseluruhan aspek ini saling terkait dan memerlukan perhatian holistik untuk memastikan kelancaran dan keberhasilan pelaksanaan AKMI di MAN 2 Langkat.

References

Arikunto, S. (2012). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Kurniasih, I. (2021). Kumpas Tuntas Asesmen Nasional (AKM). Yogyakarta: Kata Pena.

Moleong, L. J. (2011). Metodologi Penelitian Kualtatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nurmawati, Y. d. (2022). Analisis Penilaian Karakter BerbasisAsesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI). Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(4), 331-342.

Ramadhani, M. A. (2021). Prosedur Operasional Standar Penyelenggara Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) Tahun 2021. Jakarta: Direktur Jendral Pendidikan Islam.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Trihidayati, M. I. (2020). SIAP AKM. Bogor: Pustaka Andromedia.

Downloads

Published

2024-06-02

Issue

Section

Articles