Pengaruh Minat Nasabah Terhadap Keputusan Memilih Produk Tabungan Haji Pada PT. Bank Muamalat KCP Stabat

Authors

  • Syapriah Anjani STAI Jam'iyah Mahmudiyah, Langkat

Keywords:

Minat Nasabah, Tabungan Haji, Bank Syariah

Abstract

Penelitian Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi nasabah terhadap produk tabungan haji pada Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Stabat. Penelitian ini merupakan penelitian jenis deskriptif kuantitatif, dalam hal ini penulis bermaksud mengetahui seberapa efektif Pengaruh Loyalitas Nasabah Terhadap Keputusan Memilih Produk tabungan Haji Pada Bank Syariah Indonesia Cabang Stabat. Instrumen Penelitian yang akan  dipergunakan  untuk menjaring   data variabel X dan Y dengan menggunakan angket. Hasil penelitian ini adalah: 1) Variabel Kualitas pelayanan (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah tabungan haji KCP Stabat. Hal ini ditunjukan dengan hasil Variabel Kualitas Pelayanan (X1) t hitung sebesar 1.762 sedangkan nilai t tabel 1.98397. Sehingga semakin baik kualitas pelayanna yang diberikan maka semakin baik juga tingkat kepuasan nasabah pada Bank Bank Syariah Indonesia KCP Stabat. 2) Variabel Kualitas Produk (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah tabungan haji KCP Stabat. Hal ini ditunjukan dengan hasil Variabel Kualitas Produk (X2) t hitung 5.391 sedangkan t tabel 1.98397. Sehingga semakin baik kualitas Produk yang diberikan maka semakin baik juga tingkat kepuasan nasabah pada Bank Bank Syariah Indonesia KCP Stabat. 3) Kualitas pelayanan dan kualitas produk tabungan haji secara perhitungan spss terdapat nilai positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah pada Bank Bank Syariah Indonesia KCP Stabat. Oleh karna itu karyawan Bank Bank Syariah Indonesia KCP Stabat harus dapat mempertahankan pelayanan dan produk yang di berikan untuk nasabah dan dapat merubah lebih baik dari sebelumnya agar menimbulkan sara kepuasan yang lebih dari apa yang di harapkan.

References

Agia, L. N. (2022). Analisis Kualitas Layanan Bank Syariah Indonesia Menggunakan. COSTING : Journal of Economic, Business and Accounting, 5, 1570–1574. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/costing.v5i2.3764

Aulia, M. R., & Hafasnuddin. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan, Kepuasan Dan Religiusitas Terhadap Loyalitas Nasabah Bank Syariah Mandiri Cabang Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen TERAKREDITASI SINTA, 4(1), 108–121. http://www.jim.unsyiah.ac.id/EKM/article/view/16370

Bimo, W. A., & Cahya, T. (2018). Strategi Pemasaran Tabungan Haji Dengan Akad Mudharabah Mutlaqah Pada Pt. Bank Tabungan Negara Syariah (Persero) Tbk. Cabang Bogor. Moneter: Jurnal Keuangan Dan Perbankan, 6(2), 63. https://doi.org/10.32832/moneter.v6i2.2413

Hasanah, U., & Sihotang, M. K. (2021). Pemanfaatan Tabungan Haji Dan Umrah Bank Muamalat Oleh PT. Sabrina Al-Fikri Dalam Menjaring Nasabah Di Kota Medan. AGHNIYA: Jurnal Ekonomi Islam, 3(1), 57–75. https://doi.org/10.30596/aghniya.v3i1.5851

Mara, A., Sani, A., & Harahap, M. A. (2023). Pengaruh Motivasi Menghindari Riba, Pengetahuan Produk dan Religiusitas Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah pada PT. Bank Syariah Indonesia KCP Stabat. JEKSya: Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Syariah, 02(01), 410–424. https://jurnal.perima.or.id/index.php/JEKSya/article/view/198

Muhammad Adam. (2022). Pengaruh Promosi, Kepercayaan dan Harga Terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan Produk Tabungan Haji Di PT. Bank Muamalat. Journal of Comprehensive Islamic Studies, 1(1), 107–132. https://doi.org/10.56436/jocis.v1i1.97

Mukhtisar, M., Tarigan, I. R. R., & Evriyenni, E. (2021). Pengaruh Efisiensi, Keamanan Dan Kemudahan Terhadap Minat Nasabah Bertransaksi Menggunakan Mobile Banking (Studi Pada Nasabah Bank Syariah Mandiri Ulee Kareng Banda Aceh). Jihbiz: Global Journal of Islamic Banking and Finance., 3(1), 56. https://doi.org/10.22373/jihbiz.v3i1.9632

Novitasari, D., & Suselo, D. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Tabungan Hijrah Haji Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Pada Bank Muamalat KCP Nganjuk. Agustus, 2(4), 492–500. https://embiss.com/index.php/embiss/article/view/135

Publising, K. A. (2023). Pengaruh Promosi Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Nasabah Dalam Menggunakan Produk Tabungan Haji Indonesia (Studi Nasabah Bank Syariah Indonesia KCP Mojokerto Mojopahit 2) Nurul Azizah Ria Kusrini. 1(4), 629–639. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.61722/jiem.v1i4.544

Sahputra, J., & Harahap, R. A. (2022). Pengaruh Religiusitas Terhadap Loyalitas Nasabah. Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Syariah, 1(1), 1–10. https://jurnal.perima.or.id/index.php/JEKSya/article/view/66%0Ahttps://jurnal.perima.or.id/index.php/JEKSya/article/download/66/78

Sari, R., Saleh, M., & Hasanah, N. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kinerja Produk Tabungan Wadiah Terhadap Kepuasan Nasabah PT Bank SUMUT Syariah Cabang Stabat. JEKSya: Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Syariah, 02(01), 43–51.

Sovia, C. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat Dalam Menggunakan Jasa Perbankan Syariah (Studi Pada PT Bank SUMUT Syariah KCP Stabat). JEKSya Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Syariah, 2(1), 285–297. https://jurnal.perima.or.id/index.php/JEKSya/article/view/248

Triyanti, D., Kaban, R. F., & Iqbal, M. (2021). Peran Layanan Mobile Banking Dalam Meningkatkan Kepuasan Dan Loyalitas Nasabah Bank Syariah. Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis, 2(1), 51. https://doi.org/10.24853/jmmb.2.1.51-62.

Downloads

Published

2024-02-17

Issue

Section

Articles