Implementasi Produk Tabungan Haji di Bank Syariah Indonesia KCP Stabat

Authors

  • Azhari STAI Jam'iyah Mahmudiyah, Langkat

Keywords:

Implentasi, Tabungan Haji, Bank Syariah Indonesia

Abstract

Praktek tabungan haji masih menjadi perdebatan dan memiliki perbedaan dalam implementasinya. Penelitian ini ingin mengungkap implementasi produk tabungan haji khususnya di Bank Syariah Indonesia KCP Stabat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan mendeskripsikan setiap temuan dengan dukungan data penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan oleh Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Stabat Langkat khususnya pada produk Tabungan Haji Indonesia yaitu memilih merumuskan pasar yang dituju yaitu menggunakan strategi mensegmen, mentarget pasar dan cara BSI memposisikan diri. Selain itu, dengan mengembangkan marketing mix atau buaran pemasaran yang terdiri product (produk), price (harga), plance (tempat), promotion (promosi), people (orang), phisycal evidence (bukti fisik), dan process (proses). Yang mana dengan menggunakan perumusan strategi pemasaran tersebut bertujuan untuk menarik dan mempertahankan loyalitas para nasabah.

References

Anjani, S. (2023). Pengaruh Minat Nasabah Terhadap Keputusan Memilih Produk Tabungan Haji Pada PT. Bank Muamalat KCP Stabat. JEKSya Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Syariah, 3(1), 285–297. https://jurnal.perima.or.id/index.php/JEKSya/article/view/333

Aulia, R., & Rokan, M. K. (2022). Penerapan Dan Tantangan Produk Tabungan Haji IB Makbul Pada Masa Pandemi Covid-19 di PT. Bank Sumut Unit Usaha Syariah. Acman: Accounting and Management Journal, 2(2), 114–120. https://doi.org/10.55208/aj.v2i2.35

Bimo, W. A., & Cahya, T. (2018). Strategi Pemasaran Tabungan Haji Dengan Akad Mudharabah Mutlaqah Pada Pt. Bank Tabungan Negara Syariah (Persero) Tbk. Cabang Bogor. Moneter: Jurnal Keuangan Dan Perbankan, 6(2), 63. https://doi.org/10.32832/moneter.v6i2.2413

Duryatun Nafi’ah, M. N. (2023). STRATEGI JITU PEMASARAN PRODUK TABUNGAN HAJI. Iqtisodina, 6(1), 1–23. https://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/IQTISODINA/article/view/6922

Halim, F. S., Putra, P., & Pujihastuti, I. (2023). Analisis Penerapan Strategi Segmenting, Targeting Dan Positioning Terhadap Tabungan Haji Pada Bank Tabungan Negara Syariah Kc Bekasi. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam (JIEI), 9(2579–6534), 564–572. https://doi.org/DOI: http://dx.doi.org/10.29040/jiei.v9i1.7443

Muhammad Arfan Harahap, M. H. (2020). Manajemen Keuangan Konsep Dasar Dan Prinsip-Prinsip. Merdeka Kreasi. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=yIHJEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR1&dq=info:blAZb0_Um88J:scholar.google.com&ots=wL9Wd2cEVy&sig=Ql-O_D-8FqtTVR_6KjL26nVOefY&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false

Muslikh, A. S., Umam, A. K., Rusydi, I., & ... (2022). Analisis Produk Tabungan Haji & Umroh Ib Dengan Menggunakan Akad “Mudharabah Mutlaqah”(Pt. Bank Btn Syariah Kcps Indramayu). JSEF: Journal of Sharia …, 1(2), 81–92. https://jsef.faiunwir.ac.id/index.php/jsef/article/view/9%0Ahttps://jsef.faiunwir.ac.id/index.php/jsef/article/download/9/9

Novitasari, D., & Suselo, D. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Tabungan Hijrah Haji Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Pada Bank Muamalat KCP Nganjuk. Agustus, 2(4), 492–500. https://embiss.com/index.php/embiss/article/view/135

Nurasikin, A. (2019). Strategi Pemasaran Pembiayaan Warung Mikro Bank Syariah Mandiri KC. Kendal. Iqtisad Reconstruction of Justice and Welfare for Indonesia, 6(2), 224–246. https://doi.org/10.31942/iq.v6i2.3146

Publising, K. A. (2023). PENGARUH PROMOSI DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP MINAT NASABAH DALAM MENGGUNAKAN PRODUK TABUNGAN HAJI INDONESIA (Studi Nasabah Bank Syariah Indonesia KCP Mojokerto Mojopahit 2) Nurul Azizah Ria Kusrini. 1(4), 629–639. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.61722/jiem.v1i4.544

Rachman, A., & Syariah, M. (2022). Strategi Pemasaran Syariah Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Tabungan Haji Dan Umrah IB Pada BTN Kcps Tangerang. Madani Syariah, 5(1), 43–58. https://stai-binamadani.e-journal.id/madanisyariah

Windyani, N. (2023). Tingkat Kompetitif Antara Produk Tabungan Wadiah Yad Dhamanah dan Mudharabah Muthlaqah di PT. Bank Syariah Indonesia KCP Stabat. JEKSya Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Syariah, 2(1), 285–297. https://jurnal.perima.or.id/index.php/JEKSya/article/view/339

Downloads

Published

2024-05-31

Issue

Section

Articles