Tingkat Kompetitif Antara Produk Tabungan Wadiah Yad Dhamanah dan Mudharabah Muthlaqah di PT. Bank Syariah Indonesia KCP Stabat

Authors

  • Niken Windyani STAI Jam'iyah Mahmudiyah, Langkat

Keywords:

Kompetitif, Wadiah Yad Dhamanah, Mudharabah Muthlaqah.

Abstract

Penelitian ini memfokuskan pembahasan tentang tingkat kompetitif antara produk tabungan yang menggunakan akad Wadiah Yad Dhamanah dengan produk tabungan yang menggunakan akad Mudharabah Muthlaqah Di PT. Bank Syariah Indonesia,  Tbk  KCP Stabat dan faktor-faktor yang mempengaruhi produk tabungan tersebut sehingga lebih diminati oleh masyarakat. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan pendekatan empiris. Subjek pada penelitian ini adalah PT. Bank Syariah Indonesia, Tbk KCP Stabat. Sumber data pada penelitian ini adalah data primer yang dan data sekunder yang digunakan untuk melengkapi hasil penelitian. Teknik pengumpulan pada penelitian yaitu dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data utama pada penelitian ini bersumber dari hasil wawancara dengan karyawan PT. Bank Syariah Indonesia, Tbk KCP Stabat. Teknik analisa data pada penelitian ini dengan cara reduksi data, triangulasi, dan menariki kesimpulan. Hasil penelitian menjelaskan bahwa tingkat kompetitif produk tabungan wadiah yad dhamanah dan tabungan mudharabah muthlaqah Pada PT. Bank Syariah Indonesia, Tbk KCP Stabat dipengaruhi beberapa aspek yaitu aspek pengembalian (return), aspek biaya, aspek sosialisasi, aspek risiko, dan aspek promosi.

References

Abdul Jalal, M. K. R. (2022). Implementasi strategi pemasaran bank syariah indonesia kcp medan pulo brayan dalam peningkatan pembiayaan usaha mikro. PRAJA Observer: Jurnal Penelitian Administrasi Publik, 2(8.5.2017), 2003–2005. https://aksiologi.org/index.php/praja/article/view/340

Halim, F. S., Putra, P., & Pujihastuti, I. (2023). Analisis Penerapan Strategi Segmenting, Targeting Dan Positioning Terhadap Tabungan Haji Pada Bank Tabungan Negara Syariah Kc Bekasi. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam (JIEI), 9(2579–6534), 564–572. https://doi.org/DOI: http://dx.doi.org/10.29040/jiei.v9i1.7443

Indriasari, R., Muliati, & Santoso, A. B. (2018). Persepsi Nasabah tentang Tabungan Wadiah. Journal of Research and Applications Accounting and Management, 3(1), 1–7. https://doi.org/10.18382/jraam.v3i1.1

Karim, Z. (2019). Strategi Pemasaran Bank Syariah. Jurnal, 11, 3–7. http://journal.iain-ternate.ac.id/index.php/stadium/article/view/38

Kurniati. (2016). Teori Perilaku Konsumen Perspektif Ekonomi Islam. JESI (Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia), 6(1), 45–52. http://ejournal.almaata.ac.id/index.php/JESI/article/view/387

Lubis, D., Annisa, C., & Salsabila, A. (2022). Pengaruh Pelayanan dan Merek Perusahaan Terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan Produk Tabungan di Bank Sumut Syariah Stabat. JEKSya: Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Syariah, 1(1), 19–25. https://jurnal.perima.or.id/index.php/JEKSya/article/view/64

Lutfi, M. (2020). Penerapan Akad Wadiah di Perbankan Syariah. Madani Syariah, 3(2), 132–146. https://doi.org/https://doi.org/10.51476/madanisyari’ah.v3i2.207

Muhammad Arfan Harahap, Yochi Elanda, M. Sabri A. Majid, Marliyah, R. H. (2022). Bagaimana Utang Mendorong Terjadinya Krisis? Solusi dari Sistem Keuangan Islam. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journa, 4(3), 14–35. https://doi.org/DOI: 10.47476/reslaj.v4i3.905

Muhammad Arfan Harahap, M. H. (2020). Manajemen Keuangan Konsep Dasar Dan Prinsip-Prinsip. Merdeka Kreasi. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=yIHJEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR1&dq=info:blAZb0_Um88J:scholar.google.com&ots=wL9Wd2cEVy&sig=Ql-O_D-8FqtTVR_6KjL26nVOefY&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false

Putri, T. Y. (2023). Pengaruh Brand Syariah Dan Religiusitas Terhadap Keputusan Nasabah Menabung Di Bank SUMUT Syariah KCP Stabat. JEKSya Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Syariah, 2(3), 285–297. https://jurnal.perima.or.id/index.php/JEKSya/article/view/291

Sari, R., Saleh, M., & Hasanah, N. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kinerja Produk Tabungan Wadiah Terhadap Kepuasan Nasabah PT Bank SUMUT Syariah Cabang Stabat. JEKSya: Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Syariah, 02(01), 43–51.

Sovia, C. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat Dalam Menggunakan Jasa Perbankan Syariah (Studi Pada PT Bank SUMUT Syariah KCP Stabat). JEKSya Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Syariah, 2(1), 285–297. https://jurnal.perima.or.id/index.php/JEKSya/article/view/248

Sugianto, S., Yafiz, M., & Khairunnisa, A. (2021). Interaksi Investasi, Dana Pihak Ketiga dan Pembiayaan Perbankan Syariah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Sumatera Utara. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(2), 1091–1100. https://doi.org/10.29040/jiei.v7i2.2601

Wijaya, R. H. (2021). Tinjauan Fikih dan Praktik Akad Al-Wadiah Pada Perbankan Syariah di Indonesia. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA), 3(2), 302–310. https://doi.org/10.32639/jimmba.v3i2.816

Downloads

Published

2024-02-17

Issue

Section

Articles