Analisis Pengaruh Inovasi Produk Dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah PT. Bank Syariah Indonesia KCP Pangkalan Brandan

Authors

  • Gusti Nadia Mahadinda STAI Jam'iyah Mahmudiyah, Langkat

Keywords:

Inovasi Produk, Pelayanan, Kepuasan Nasabah

Abstract

Bank-Bank Syariah di Indonesia menawarkan produk-produk yang hampir sama, maka kepuasan nasabah menjadi sangat penting. Banyak faktor yang mempengaruhi kepuasan nasabah pada suatu Bank Syariah, diantaranya adalah inovasi produk yang dilakukan Bank tersebut, serta hal yang harus diperhatikan oleh perbankan syariah yaitu pelayanan. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara inovasi produk dan pelayanan kerja terhadap kepuasan nasabah PT. Bank Syariah Indonesia KCP Pangkalan Brandan baik secara parsial maupun simultan dengan jumlah responden 97 orang nasabah. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji kualitas data, uji hipotesis, dan analisis regresi linear berganda menggunakan program SPSS. Berdasarkan pengujian tersebut menjelaskan bahwa secara parsial terdapat pengaruh yang signifikan antara inovasi produk terhadap kepuasan nasabah PT. Bank Syariah Indonesia KCP Pangkalan Brandan hal ini karena nilai signifikan lebih kecil dari 0,05 atau (0,000 < 0,05) dan thitung > ttabel (4,597 > 1,98552) maka terdapat pengaruh variabel X terhadap Variabel Y. Secara parsial terdapat pengaruh yang signifikan antara pelayanan terhadap kepuasan nasabah PT. Bank Syariah Indonesia KCP Pangkalan Brandan hal ini karena nilai signifikan lebih kecil dari 0,05 atau 0,000 < 0,05) dan thitung > ttabel (5,086 > 1,98552) maka terdapat pengaruh variabel X terhadap Variabel Y. Secara simultan atau bersama-sama terdapat pengaruh yang signifikan antara inovasi produk dan pelayanan terhadap kepuasan nasabah PT. Bank Syariah Indonesia KCP Pangkalan Brandan hal ini karena nilai signifikasi lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05) dan nilai Fhitung > Ftabel (57,837 > 3,09), maka variabel bebas secara simultan berpengaruh terhadap variabel terikatnya.

References

Ade Ayu Oktapiani, A., & Tuti Anggraini, T. (2022). Pengaruh Relationship Marketing , Comporate Image dan Syariah Compliance Terhadap Loyalitas Nasabah dengan Kepuasan Nasabah Sebagai Variabel Intervening Pada PT BSI KCP Gunung Tua. 8(03), 3423–3433. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29040/jiei.v8i3.6803

Djuwita, D., & Yusuf, A. A. (2018). Tingkat Literasi Keuangan Syariah Di Kalangan UMKM Dan Dampaknya Terhadap Perkembangan Usaha. Al-Amwal : Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syari’ah, 10(1), 105. https://doi.org/10.24235/amwal.v10i1.2837

Fauzi, A., & Murniawaty, I. (2020). Pengaruh Religiusitas dan Literasi Keuangan Syariah Mahasiswa terhadap Minat Menjadi Nasabah di Bank Syariah. EEAJ Economic Education Analysis Journal, 9(2), 473–486. https://doi.org/10.15294/eeaj.v9i2.39541

Isabella, I., Sani, A., & Alam, A. P. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Islami Terhadap Kepuasan Nasabah Dalam Konsep Ekonomi Islam Pada Pt. Bank Syariah Indonesia. Jurnal El Rayyan, 1(2). https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/view/39541

Kambali, M. (2020). Analisa Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Nasabah Untuk Menggunakan Jasa Bank Syariah Mandiri (Studi Kasus Pada Nasabah Bank Syari’ah Mandiri Gresik). Al Iqtishod: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Ekonomi Islam, 8(1), 54–61. https://doi.org/https://doi.org/10.37812/aliqtishod.v8i1.88

Mutmainnah, M. (2018). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Citra Perusahaan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Nasabah. Jurnal Manajemen Dan Pemasaran Jasa, 10(2), 201–216. https://doi.org/10.25105/jmpj.v10i2.2344

Nurfadhilah, Muhammad Saleh, A. S. (2023). Pengaruh Etika Bisnis Islam dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Nasabah PT. Bank SUMUT Syariah KCP Stabat. JEKSya Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Syariah, 2(1), 285–297. https://jurnal.perima.or.id/index.php/JEKSya/article/view/164

Nurlaili Adkhi Rizfa Faiza. (2022). RELIGIUSITAS, KEPUASAN PELAYANAN, DAN PENGARUHNYA TERHADAP LOYALITAS NASABAH BANK SYARIAH DI KOTA SURABAYA. Jurnal Ekonomi Syariah, 7(1), 67–76. http://jes.unisla.ac.id/index.php/jes/article/view/248

Puteh, A., Rasyidin, M., & Mawaddah, N. (2018). Islamic banks in indonesia: Analysis of efficiency. Emerald Reach Proceedings Series, 1, 331–336. https://doi.org/10.1108/978-1-78756-793-1-00062

Sovia, C. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat Dalam Menggunakan Jasa Perbankan Syariah (Studi Pada PT Bank SUMUT Syariah KCP Stabat). JEKSya Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Syariah, 2(1), 285–297. https://jurnal.perima.or.id/index.php/JEKSya/article/view/248

Sunarsih, U., & Wijayantie, M. N. (2021). Penentuan Keputusan Mahasiswa untuk Menabung di Perbankan Syariah. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 18(02), 91–102. https://doi.org/10.36406/jam.v18i02.477

Tuni Sahdina, Yaumul Khair Afif, S. W. (2023). Pengaruh Kualitas Layanan Customer Service Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Bank Muamalat KCP Stabat. JEKSya Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Syariah, 2(1), 615-. https://jurnal.perima.or.id/index.php/JEKSya/article/view/295

Zulkarnain, R., Taufik, H., & David Ramdansyah, A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk terhadap Loyalitas Nasabah dengan Kepuasan Nasabah sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada PT Bank Syariah Mu’amalah Cilegon). Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 1–24. https://doi.org/https://doi.org/10.47080/10.47080/vol1no02/jumanis

Downloads

Published

2024-06-08

Issue

Section

Articles