Analisis Kebijakan Kepala Sekolah Dalam Penggunaan Dana Bantuan Operasional Sekolah Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Sukri Agustian UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
  • Tuti Rezeki Alawiyah Siregar

Abstract

Sebagai salah satu komponen pendidikan, kepala sekolah memiliki peran yang signifikan dalam mengelola dana bantuan operasional sekolah (BOS) yang diberikan oleh pemerintah. Berhasil atau tidaknya penyelenggaran dana bantuan operasional ditentukan oleh kemampuan kepala sekolah dalam melakukan kerjasama dengan para guru dan berbagai komponen yang berada dilingkungan sekolah Adapun tujuan penelitian ini adalah berupaya untuk menggali informasi seputar kebijakan yang dilakukan oleh kepala sekolah MIN 14 Langkat dalam mengelola dana bantuan operasional sekolah semasa pandemi Virus Corona (Covid-19).
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Data-data yang diperoleh dilakukan melalui proses observasi dan wawancara secara langsung dengan kepala sekolah MIN 14 Langkat. Setelah melakukan proses observasi dan wawancara, peneliti melakukan olah data untuk kemudian mendeskripsikan hasil temuan dan membuat kesimpulan.
Melalui hasil analisis data ditemukan bahwa kepala sekolah telah menggunakan uang dana bantuan operasional sekolah yang diberikan oleh pemerintah sesuai dengan petunjuk teknis Permendikbud No. 8 tahun 2017 yaitu, melakukan perancanaan (planning) penggunaan dana melalui rapat rutin bersama para guru, pengawasan (supervisor) dana bantuan operasional yang dilakukan langsung oleh pengawas pendidikan dari Kementerian Agama, pelaporan (reporting) yang disusun langsung oleh bendahara sekolah dan pertanggung jawaban (responsible) yang disampaikan langsung di papan pengumuman bagian depan ruang kepala sekolah.

References

DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimi. 1995. Dasar-Dasar Research. Bandung: Tarsoto.

El-Khuloqo, Ihsana. 2015. Manajemen PAUD. Pendidikan Taman Kehidupan Anak. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Farikhah, Siti. 2015. Manajemen Lembaga Pendidikan. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Handoko, T Hani. 2012. Manajemen Personalia Dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE.

Ida Bagus Made Sutra Isvara Permas, Anantawikrama Tungga Atmadja, Made Aristia Prayudi. 2017. “Pengelolaan Dana Bantuan Opersional Sekolah (BOS) Di Sekolah Dasar (Studi Kasus Pada Sekolah Dasar Negeri 2 Bengkala Yang Menerapkan Sistem Pendidikan Inklusi.” Jurusan Akuntansi Program S1 Universitas Pendidikan Ganesha 8 (2).

Indonesia, Peraturan Menteri Pendidian dan Kebudayaan Republik. n.d. Petunjuk Teknis Bantuan Operasional Sekolah.

Kerap, Gorys. 1989. Komposisi Sebuah Pengantar Kemahiran Bahasa. NTT: Nusa Indah.

Kompas.c0m. n.d. “Https://Amp.Kompas.Com/Nasional/Read/2020/05/06/16071541/Update-Kasus-Covid-19-Di-Indonesia-Kini-12438-Orang-Bertambah-367.”

Munastiwi, Erni. 2018. “Manajemen Ekstrakulikuler Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).” Manageria: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 3 (2): 369–78.

Munir. 2009. Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Taufik, Ali. 2019. “Perspektif Tentang Perkembangan Sistem Pembelajaran Jarak Jauh Di Kabupaten Kutai Kertanegara Kalimantan Timur.” Jurnal Pendidikan:Riset Dan Konseptual 3 (2).

Downloads

Published

2022-09-01

Issue

Section

Articles