Pengaruh Model Kepemimpinan Transformasional Kepala Madrasah Terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan di MTs Ikaba Desa Paluh Manis Kecamatan Gebang

Authors

  • Siti Rukmana STAI Jam'iyah Mahmudiyah Langkat
  • Satria Wiguna STAI Jam'iyah Mahmudiyah Tanjung Pura Langkat
  • Muhizar Muchtar STAI Jam'iyah Mahmudiyah Tanjung Pura Langkat

Keywords:

Model Kepemimpinan, Transformasional, Kepala Madrasah, Mutu Pendidikan

Abstract

Madrasah yang memiliki mutu yang tinggi terdapat kepala sekolah yang bermutu, yang menjalankan kepemimpinan transformasional dengan baik, tugas serta fungsinya sebagai seorang kepala sekolah, membantu serta mendorong, memotivasi guru dalam meningkatkan prestasinya serta profesional guru dalam mendidik peserta didik.Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui tingkat ketercapaian model kepemimpinan transformasional kepala madrasah, (2) mengetahui tigkat ketercapaian mutu pendidikan, (3) dan mengetahui apakah terdapat pengaruh model kepemimpinan transformasional kepala madrasah terhadap mutu pendidikan di MTs IKABA Desa Paluh Manis Kec. Gebang. Jenis Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik regresi dan korelasi. Sampel berjumlah 45 responden diambil dari populasi dengan teknik Random Sampling. Metode pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan angket. Teknik Analisis deskriptif meliputi menghitung tabel frekuensi, mean, modus, median, varians, simpangan baku, histogram dan poligon. Sedangkan analisis inferensial menggunakan regresi dan korelasi. Hasil perhitungan menggunakan rumusan regresi sederhana dan korelasi product moment, secara operasional dari perhitungan regresi didapatkan Fhitung = 9,14 dan Ftabel 4,07 maka diperoleh Fhitung > Ftabel atau 9,14 > 4,07 ini artinya regresi signifikan. Sedangkan analisis dari korelasi antara variabel X dan Variabel Y bertanda positif dengan memperhatikan besarnya rxy yang diperoleh yaitu sebesar 0,419. Kemudian pada taraf signifikansi 0,05 diperoeleh nilai rtabel sebesar 0,301. Karena rhitung lebih besar dari rtabel dengan demikian hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak sebesar 17,55%. Ini berarti terdapat korelasi yang positif yang cukup berarti antara pengaruh model kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap mutu pendidikan di Mts IKABA Desa Paluh Manis Kec. Gebang.

References

Fatah, Nanang. (2018). Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.

Indonesia, (2019). Tim Dosen Adminstrasi Pendidikan Universitas Pendidikan. Manajemen Pendidikaan Alfabeta. Bandung: Alfabeta.

Mullyasa. (2018). Menjadi Kepala Sekolah Professional . Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Umiarso, Baharudin &. Kepemimpinan Pendidikan Islam. (2019). Jogakarta: Ar-Ruzz Media.

Downloads

Published

2022-09-01

Issue

Section

Articles