Analisis Strategi Kualitas Pelayanan Dalam Menarik Minat Nasabah Menggunakan Produk Tabungan iB Hijrah KCP Stabat

Authors

  • Dwi Hendianto STAI Jam'iyah Mahmudiyah, Langkat

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Tabungan iB Hijrah

Abstract

Penting untuk melakukan evaluasi dan mengukur kualitas layanan dari waktu ke waktu, karena kualitas layanan ada saat ini menjadi keunggulan kompetitif di mana kualitas layanan sangat penting demi keberlangsungan bisnis. Jika penyedia layanan gagal mengidentifikasi hubungan tersebut kualitas tinggi kepada pelanggan serta loyalitas dan kepuasan pelanggan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan pendekatan empiris. Pada penelitian ini peneliti menggunakan teknik pengumpulan yaitu dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengolahan dan analisis data yaitu dengan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menjelaskan Analisis Strategi Kualitas Pelayan Dalam Menarik Minat Nasabah Menggunakan Produk Tabungan Ib Hijrah Kcp Stabat dilakukan Bank Syariah Indonesia KCP Stabat adalah dengan cara menyebarkan brosur ke pasar dan berbagai tempat, memasang spanduk di depan Bank Muamalat Indonesia KCP Stabat dan tempat tertentu, promosi di media sosial, mempromosikan produk di lingkungan sekitar, promosi dari mulut ke mulut, dan referral. Terjadi peningkatan pelayanan Dalam menarik Minat Nasabah dengan strategi promosi yang dilakukan Bank Muamalat Indonesia KCP Stabat, meski demikian peningkatan yang terjadi tidak signifikan karena persaingan yang semakin ketat ditambah dengan adanya Bank keliling dan rentenir-rentenir. Hambatan dalam mempromosikan produk Tabungan Ib Hijrah di Bank Muamalat Indonesia KCP Stabat yaitu karena kurangnya minat nasabah pada produk Tabungan Ib Hijrah nasabah merasa syarat masih berat, adanya nasabah awam yang membandingkan waktu proses di Bank Muamalat Indonesia KCP Stabat dengan Bank atau lembaga keuangan lain, kelengkapan pada nasabah.

References

Andriyani, M., & Ardianto, R. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Nasabah Bank. EKOMABIS: Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis, 1(02), 133–140. https://doi.org/10.37366/ekomabis.v1i02.73

Anjani, S. (2024). Pengaruh Minat Nasabah Terhadap Keputusan Memilih Produk Tabungan Haji Pada PT. Bank Muamalat KCP Stabat. JEKSya Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Syariah, 3(1), 285–297. https://jurnal.perima.or.id/index.php/JEKSya/article/view/333

Cahyani, Y. T. (2018). Konsep Fee Based Services Dalam Perbankan Syariah. El-Barka: Journal of Islamic Economics and Business, 1(2), 235. https://doi.org/10.21154/elbarka.v1i2.1397

Darma yanti Lubis, S. L. (2023). Pengaruh Persepsi Kegunaan, Kemudahan dan Keamanan Terhadap Kepuasan Nasabah Menggunakan Mobile Banking. JEKSya Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Syariah, 2(2), 443–456. https://jurnal.perima.or.id/index.php/JEKSya/article/view/226/195

Eriyanti, hasnuna. (2021). Pengaruh Produk, Promosi, dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah Simpanan PT. Bank Muamalah Indonesia, Tbk. Cabang Pangkalpinang. Jurnal Manajemen Dan Investasi, 3(1), 83–95. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31851/jmanivestasi.v3i1.6408

Handayani, A., Azman, H. A., & Novel, I. (2019). Pengaruh Pengetahuan dan Sikap Terhadap Perilaku Memilih Bank Syariah Dengan Faktor Religiusitas Sebagai Moderating Variable. EKONOMIKA SYARIAH : Journal of Economic Studies, 3(1), 1. https://doi.org/10.30983/es.v3i1.934

Maulana, F. R., Hasnita, N., & Evriyenni, E. (2020). Pengaruh Pengetahuan Produk Dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Nasabah Memilih Bank Syariah. JIHBIZ :Global Journal of Islamic Banking and Finance., 2(2), 124. https://doi.org/10.22373/jihbiz.v2i2.8644

Mauluddi, H. A. (2020). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Penerimaan Nasabah terhadap Layanan Mobile Banking. Ekspansi: Jurnal Ekonomi, Keuangan, Perbankan Dan Akuntansi, 12(1), 95–104. https://doi.org/10.35313/ekspansi.v12i1.1902

Sari, R., Saleh, M., & Hasanah, N. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kinerja Produk Tabungan Wadiah Terhadap Kepuasan Nasabah PT Bank SUMUT Syariah Cabang Stabat. JEKSya: Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Syariah, 02(01), 43–51.

Sovia, C. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat Dalam Menggunakan Jasa Perbankan Syariah (Studi Pada PT Bank SUMUT Syariah KCP Stabat). JEKSya Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Syariah, 2(1), 285–297. https://jurnal.perima.or.id/index.php/JEKSya/article/view/248

Triyanti, D., Kaban, R. F., & Iqbal, M. (2021). Peran Layanan Mobile Banking Dalam Meningkatkan Kepuasan Dan Loyalitas Nasabah Bank Syariah. Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis, 2(1), 51. https://doi.org/10.24853/jmmb.2.1.51-62.

Tuni Sahdina, Yaumul Khair Afif, S. W. (2023). Pengaruh Kualitas Layanan Customer Service Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Bank Muamalat KCP Stabat. JEKSya Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Syariah, 2(1), 615-. https://jurnal.perima.or.id/index.php/JEKSya/article/view/295

Yudiadari, N. K. P., & Agustina, M. D. P. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Nasabah Unit Simpan – Pinjam Bumdes Dana Merta Desa Tangkup Kabupaten Karangasem. Widya Amrita, 1(1), 216–232. https://doi.org/10.32795/widyaamrita.v1i1.1165

Downloads

Published

2024-06-08

Issue

Section

Articles