Kebijakan Kepala Madrasah dalam Mengelola Sarana dan Prasarana di MIS Rantau Panjang Desa Teluk Bakung

Authors

  • Muhammad Irvansyah Rao STAI Jam'iyah Mahmudiyah Langkat
  • Muhammad Saleh

Keywords:

Policy, Head of Madrasah, Managing Facilities and Infrastructure

Abstract

Pemeliharaan sarana dan prasarana pendidikan adalah serangkaian kegiatan terencana dan sistematis yang dilakukan secara rutin maupun berkala untuk menjaga agar prasarana yang telah dibangun tetap dapat berfungsi dan bermanfaat sesuai rencana.Pemeliharaan dimulai dari pemakaian barang, yaitu dengan cara hati-hati dalam menggunakannya. Pemeliharaan yang bersifat khusus harus dilakukan oleh petugas yang mempunyai keahlian sesuai dengan jenis barang yang dimaksud.  Jenis penelitian yang digunakan didalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi lapangan (field research). Metode pengumpulan data dengan cara observasi, wawacara, dan dokumentasi.  Teknik Pengolahan data penelitian dengan cara editing dan analisis data. Hasil penelitian bahwa Peranan Kepala Madrasah sangat berperan peting pengelolaan sarana dan prasarana, karena Kepala Madrasah adalah sebagai ujung tombak atau sebagai administrator yang mengelola segala hal dalam lingkungan madrasah baik itu dari administrasi personil maupun sarana dan prasarana madrasah. kebijakanKepala MadrasahMIS Rantau Panjang yaitu Sebagai berikut: a. Mengadakan sarana dan prasarana yang dibutuhkan dalam proses pembelajaran. b. Menyediakan bangunan Sarana pembelajaran di Madrasah untuk para peserta didik. C.Memperhatikan penyusunan perencanaan dan strategi pengadaan Sarana dan prasarana.. dan d.Menciptakan suasana madrasah yang nyaman dan dengan pengawasan yang baik.

References

Aminah, Sri. (2018).Manajemen Pemanfaatan Sarana Dan Prasarana Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Madrasah Menengah Pertama Negeri 2 Tawangsari Kabupaten Sukoharjo. Tesis Magister. Surakarta: IAIN Surakarta.

Asiyai, Romina Ifeoma. (2012). Assessing School Facilities in Public Secondary Schools in Delta State, Nigeria. An International Multidisciplinary Journal, Ethiopia. Vol. 6 (2), Serial No. 25,

Ayu Yulia Setiawati, (2018), Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan dalam Meningkatakan Mutu Pembelajran di MAN 1 yogyakarta. Tesisi Pendidikan Islam. UII ogyakarta.

Bafadal, Ibrahim. 2004. Manajemen Perlengkapan Madrasah Teori dan Aplikasinya, Jakarta: Bumi Aksara.

Claudia, S., Widiastuti, J. A., dan Kurniawan, M. (2018). Origami Game for Improving Fine Motor Skills for Children 4-5 Years old in Gang Buaya Village in Salatiga. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2

Ibrahim Bafadal, (2010). Manajemen Madrasah, Jakarta: PT.Bumi Aksara.

Muhammad AR, (2003). Pendidikan Di Alfa Baru, JogjakartaPrismasiphie

Muhammad AR, (2003).Pendidikan Di Alfa Baru, JogjakartaPrismasiphie.

Sri Rahmi, (2018). Headmaster’s Ladership In Solving Problem At Islamic Elementary School (SDI) Hikmatul Fadhillah Medan , Volume 7, Number 2, December 2018

Syaiful Sagala, (2005). Konsep dan Makna Pembelajaran Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabet

Trisnawati, Cut Zahri Harun, dan Nasir Usman, (2019). “Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di SD Negeri Lamteubee Aceh Besar”, Jurnal Magister Adminitrasi Pendidikan, vol.7 no.1 .

Trisnawati, Cut Zahri Harun, dan Nasir Usman, (2019): “Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di SD Negeri Lamteubee Aceh Besar”, Jurnal Magister Adminitrasi Pendidikan, vol.7 no.1

Usman, Husain. (2006). Manajemen Pendidikan: Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2024-03-31

Issue

Section

Articles