Konsep Pendidikan Anak Berkarakter Menurut Pemikiran Imam Al-Ghazali
Keywords:
Konsep, Pendidikan Anak Berkarakter, Pemikiran Al-GhazaliAbstract
Latar belakang dilakukan penelitian ini bahwa Pendidikan karakater merupakan sebuah proses yang tiada henti (never ending) dalam pelaksanaanya di sebuah negara demokrasi seperti Indonesia. Melihat nilai-nilai yang ada dan sudah dirancang oleh Pemerintah akan tetapi belum ada dampak yang konkrit yang bisa diangkat menjadi faktor suksesnya program pendidikan karakter, merupakan alasan bagi peniliti untuk mencari tahu lebih dalam tentang pendidikan karakter. Krisis karakter yang terjadi saat ini sudah waktunya untuk menggugah para pemegang kekuasaan dan para pendidik untuk mengambil akselerasi terobosan dan cara menanggulangi krisis ini. Adapun tujuan dilaksanakan penelitian ini yaitu: Untuk mengetahui konsep pendidikan anak berkarakter dalam pandangan Imam Al-Ghazali. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan, di mana teknik pengumpulan datanya dilakukan dengan metode dokumentasi yang dibagi menjadi data primer dan data sekunder. Sedangkan analisis yang digunakan adalah analisis isi dan interpretasi. Hasil dari penelitian ini bahwa Konsep pendidikan anak berkarakter dalam pandangan Imam Al-Ghazali adalah upaya membentuk manusia yang memiliki jiwa yang suci, kepribadian yang luhur dan sempurna melalui proses at-Ta’dib dan riyadah mujahadah. Adapun dasar pendidikan karakter menurut Imam al-Ghazali adalah al-Quran dan hadith. Dan tahap pendidikan karakter menurut Imam al-Ghazali ada dua yaitu at-ta’dib bagi anak usia dini dan riyadah mujahadah bagi remaja samapi dewasa.
Downloads
References
A, D. K. (2019). Pendidikan Karakter di Zaman Keblinger. Jakarta: Gramedia.
Al-Abrasi, M. A. (2018). Dasar-Dasar Pendidikan Islam. Jakarta: Bulan Bintang.
Al-Ghazali. (2017). Ihya ’Ulumuddin, Juz I, Terj. Abdullah bin Nuh. Semarang: Toha Putra .
Emzir. (2018). Analisis Data: Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rajagrafindo.
Matta, A. (2018). Membentuk Karakter Cara Islam. Jakarta: Al-I’tism.
Moleong, L. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif . Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Mu’in, F. (2021). Pendidikan Karakter; Konstruksi Teoritik dan Praktik. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Mua’amar, M. A. (2018). Konsep Ta’dib Al-Attas dalam Pengembangan Karakter Peserta Didik. Bandung: PT Refika Aditama.
Nasional, P. K. (2020). Pengembangan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Nasution, M. Y. (2018). Manusia menurut al-Ghazali. Jakarta: Rajawali.
Praja, J. S. (2018). Aliran-Aliran Filsafat dan Etika. Jakarta: Kencana.
Sukmadinata, N. S. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.