Analisis Strategi Pemasaran iB Multiguna Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Pada PT Bank Muamalat KCP Stabat Kab Langkat

Authors

  • Wirdani STAI Jam'iyah Mahmudiyah, Langkat

Keywords:

Strategi Pemasaran, iB Multiguna, Bank Muamalat

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Analisis Strategi Pemasaran Ib Multiguna Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Pada PT Bank Muamalat KCP Stabat Kab Langkat. Jenis dan Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik dan alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode wawancara, observasi dan dokumetasi yang dilakukan secara berulang-ulang agar dapat dipertanggujawabkan keabsahannya. Sedankan teknik analisis data yang digunakan Analiss SWOT.  Hasil penelitian menunjukan bahwasanya Strategi Pemasaran Bank Muamalat KCP Stabat memanfaatkan prinsip-prinsip bauran pemasaran yang meliputi (product, price, place, promotion, people, process, dan physical evidence. Mekanisme pengajuan pembiayaan produk IB Multiguna pada PT Bank Muamalat KCP Stabat Kab. Langkat, memilki serangkaian prosedur yang harus dipenuhi oleh calon nasabah. Mulai dari pengisian aplikasi dan pemberkasan dokumen, verifikasi dan analisis oleh pihak bank, hingga tahap keputusan pembiayaan dan pelaksanaan akad pembiayaan. Seluruh proses ini dilakukan dengan berlandaskan prinsip-prinsip syariah dan penuh perhatian terhadap kelayakan serta kepatuhan nasabah. Tahap pencairan pembiayaan dilakukan setelah semua persyaratan terpenuhi, termasuk penandatanganan akad pembiayaan dan pemenuhan berbagai biaya terkait. Berdasarkan analisis SWOT terhadap strategi pemasaran produk iB Multiguna PT. Bank Muamalat KCP Stabat, terdapat sejumlah kekuatan seperti relevansinya dengan kebutuhan konsumtif masyarakat, jaringan yang luas, dan keuntungan sesuai dengan akad syariah. Di sisi lain, terdapat kelemahan seperti kurangnya promosi dan manajemen yang belum maksimal. Peluang yang dapat dimanfaatkan melibatkan progres pembiayaan iB Multiguna yang dapat berkembang, kerja sama dengan bank konvensional, dan hubungan baik dengan nasabah. Ancaman yang dihadapi mencakup persaingan promosi besar-besaran dari pesaing, minimnya pemahaman masyarakat terhadap konsep syariah, dan lokasi yang berdekatan dengan pesaing.

References

AlAbbad, A., Anantharaman, D., & Govindaraj, S. (2020). Depositor Characteristics and the Performance of Islamic Banks. Journal of Accounting, Auditing and Finance, 36(3), 643–666. https://doi.org/10.1177/0148558X20916338

Anjani, S. (2024). Pengaruh Minat Nasabah Terhadap Keputusan Memilih Produk Tabungan Haji Pada PT. Bank Muamalat KCP Stabat. JEKSya Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Syariah, 3(1), 285–297. https://jurnal.perima.or.id/index.php/JEKSya/article/view/333

Budiman, M. A., & Hasanah, N. I. (2023). Pengaruh Risiko Pembiayaan Syariah dan Good Corporate Governance terhadap Profitabilitas Bank Umum Syariah di Indonesia. Jurnal Iqtisaduna, 8(2), 272–286. https://doi.org/10.24252/iqtisaduna.v8i2.31772

Dalimunthe, A. D. (2024). Analisis Strategi Marketing Pada Pembiayaan KPRS di Bank Muamalat Kantor Cabang Stabat. MENAWAN: Jurnal Riset Dan Publikasi Ilmu Ekonomi, 2(1). https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.61132/menawan.v2i1.155

Damayanti, E., & Yusri, D. (2023). Analisis Strategi Pemasaran Produk Tabungan Haji Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Pada PT. Bank Muamalat Cabang Stabat. JEKSya: Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Syariah, 2(3), 593–607. https://jurnal.perima.or.id/index.php/JEKSya/article/view/292

Harahap, M. A., & Soemitra, A. (2022). Studi Literatur Peran Lembaga Keuangan Mikro Syariah Dalam Meningkatkan Kesejahteraan. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 4(4), 1186–1198. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v4i4.889

Mara, A., Sani, A., & Harahap, M. A. (2023). Pengaruh Motivasi Menghindari Riba, Pengetahuan Produk dan Religiusitas Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah pada PT. Bank Syariah Indonesia KCP Stabat. JEKSya: Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Syariah, 02(01), 410–424. https://jurnal.perima.or.id/index.php/JEKSya/article/view/198

Melinda, M., Sani, A., & Arfan Harahap, M. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Pembiayaan Kendaraan Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Pada PT. Bank Syariah Indonesia KCP Stabat. Al-Sharf: Jurnal Ekonomi Islam, 3(2), 156–175. https://doi.org/10.56114/al-sharf.v3i2.312

Sari, R. A. (2020). Analisis strategi pemasaran pada usaha kecil menengah Makanan ringan ( Studi kasus Dodol Mangrove di Desa Jangkang Kecamatan Bantan Kabupaten Bengkalis ). Daya Saing, 6(1). https://doi.org/https://doi.org/10.35446/dayasaing.v6i1.420

Sinaga, A., Harahap, M. A., Perkasa Alam, A., Agustina, M., & Wirdany, W. (2020). Pengaruh Marketing Mix terhadap Keputusan Nasabah untuk Menabung pada PT Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Pembantu Stabat. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 3(2), 210–232. https://doi.org/10.47467/elmal.v3i2.570

Sri Banta Nuzuliani Anjli, S. W. (2024). Pengetahuan Masyarakat Dan Minat Masyarakat Tentang Produk Pembiayaan Bank Terhadap Peningkatan Jumlah Nasabah Pada Bank Muamalat Cabang Stabat. KARIMA : Jurnal Kajian Dan Riset Mahasiswa, 01(1), 87–104. https://jurnal.perima.or.id/index.php/JRM/article/view/408

Tuni Sahdina, Yaumul Khair Afif, S. W. (2023). Pengaruh Kualitas Layanan Customer Service Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Bank Muamalat KCP Stabat. JEKSya Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Syariah, 2(1), 615-. https://jurnal.perima.or.id/index.php/JEKSya/article/view/295

Downloads

Published

2024-06-08

Issue

Section

Articles