Efektivitas Metode Gabungan Wahdah dan Kitabah Dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Siswa Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis Kelas X MAS Kasratussa’adah Paya Katip

Authors

  • Ayu Syafitri STAI Jam'iyah Mahmudiyah, Langkat
  • Marhan Hasibuan STAI Jam'iyah Mahmudiyah, Langkat
  • Ali Mukhlis AR STAI Jam'iyah Mahmudiyah, Langkat

Keywords:

Metode Gabungan Wahdah dan Kitabah, Kualitas Hafalan

Abstract

Metode gabungan wahdah dan kitabah merupakan metode menghafal ayat-ayat Al-Qur’an dengan langkah seorang santri atau siswa menghafal ayat-ayat per ayat terlebih dahulu kemudian setelah hafal atau belum sempurna hafalannya dituliskan pada kertas yang telah disediakan. Metode ini diterapkan untuk meningkatkan kualitas hafalan siswa mata pelajaran Al-Qur'an Hadis kelas X MAS Kasratussa'adah Paya Katip. Subjek penelitian ini adalah X MAS Kasratussa'adah Paya Katip yang berjumlah 40 orang. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, dimana setiap siklus terdiri dari perencanaan (planning) tindakan (acting) pengamatan (observing) dan refleksi (reflecting). Dari analisis data yang penulis dapatkan, diketahui kondisi awal bahwa di kelas X MAS Kasratussa'adah Paya Katip terjadi permasalahan yaitu kualitas hafalan siswa masih rendah dan jauh dari KKM yang ditetapkan oleh pihak Madrasah. Pada pelaksanaan pra siklus diperoleh nilai rata-rata siswa 72,88 dengan jumlah ketuntasan 42,5%. Kemudian dilaksanakan siklus I, dari data penelitian tindakan kelas yang dilakukan terdapat peningkatan nilai rata-rata pada siklus I menjadi 78,21 dengan jumlah ketuntasan 62,5%. Dilanjutkan ke  tindakan siklus II, pada tindakan ini terjadi peningkatan lagi yaitu nilai rata-rata siswa 84,01 dengan jumlah ketuntasan 92,5%. Hal ini menunjukkan bahwa metode gabungan wahdah dan kitabah dapat meningkatkan kualitas hafalan siswa mata pelajaran Al-Qur'an Hadis kelas X MAS Kasratussa'adah Paya Katip.

References

Adkha, A. Q. (2019). Metode Wahdah dalam Pembelajaran Tahfiz Alquran di Pondok Pesantren Darul ‘Ulum Jombang. Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 1.

Al-Hafidz, A. W. (2015). Bimbingan Praktis Menghafal Al-Qur’an. Jakarta: Bumi Aksara.

Cici Puspa, d. (2023). Penerapan Metode Wahdah Dan Kitabah Dalam Pembelajaran Al-Qaur’an Hadis Di Ponpes Darussalam Pinagar. Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Budaya, 2(1), 74.

M. Sonhadji, d. (2015). Al-Qur’an dan Tafsirnya. Yogyakarta: Dana Bhakti Wakaf.

Mubarokah, S. (2019). Strategi Tahfidz Al-Qur’an Mu’allimin Dan Mu’allimat Nahdlatul Wathan. Jurnal Penelitian Tarbawi, 4(1), 2.

Muslich, M. (2017). Melaksanakan PTK Itu Mudah. Jakarta: Bumi Aksara.

RI, K. A. (2013). Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 90 tahun 2013 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Madrasah. Jakarta: Kemenag.

Sanjaya, W. (2019). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada Group.

Sugianto, I. A. (2014). Kiat Praktis Menghafal Al-Qur'an. Bandung: Mujahid Press.

Wajdi, M. A. (2010). Tahfiz (Siapa Bilang Menghafal Al-Qur’an Susah?). Bandung: YKM Press.

Yahya, H. (2013). Beberapa Rahasia dalam al-Qur’an. Surabaya: Risalah Gusti.

Yuliastutik, W. S. (2022). Implementasi Metode Yanbu’a Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran (Studi Kasus Di MTs At-Taufiq Sambongdukuh Jombang). An-Nafah Jurnal Pendidikan dan Keislaman, 2(2), 68.

Downloads

Published

2024-06-02

Issue

Section

Articles