Implementasi Kurikulum Islam Terpadu Dalam Membangun Kemampuan Metakognitif Siswa SMP Islam Terpadu Suara Dai Muda Langkat

Authors

  • Eli Wahyuni STAI Jam'iyah Mahmudiyah, Langkat
  • Muhizar Muchtar STAI Jam'iyah Mahmudiyah, Langkat
  • Fatimah Ahmad STAI Jam'iyah Mahmudiyah, Langkat

Keywords:

Kurikulum, Kurikulum Islam terpadu, metakognitif siswa, kemampuan siswa

Abstract

Implementasi kurikulum Islam terpadu dalam membangun kemampuan metakognitif siswa SMP Islam Terpadu Suara Dai Muda Langkat. Subjek dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, guru dan siswa SMP Islam Terpadu Suara Dai Muda Langkat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Adapun lokasi penelitian dilakukan di SMP Islam Terpadu Suara Dai Muda Langkat. Pelaksanaan penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus sampai dengan bulan Desember tahun 2023. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui Implementasi kurikulum Islam terpadu dalam membangun kemampuan metakognitif siswa SMP Islam Terpadu Suara Dai Muda Langkat. Alat pengumpul data adalah wawancara, observasi, study kepustakaan dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian Implementasi kurikulum Islam terpadu di SMP Islam Terpadu Suara Dai Muda Langkat sudah berjalan dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari program sekolah yang memasukan nilai-nilai ajaran Islam dalam pembelajaran dan kegiatan-kegiatan yang menambah wawasan keIslaman siswa dalam bentuk kegiatan ekstrakurikuler seperti KKD, Tahfid, Tilawah dan pembiasaan keagamaan. Dalam membangun kemampuan metakognitif siswa guru mengelola pembelajaran dengan menggunakan metode dan strategi serta menstimulan siswa agar menggunakan kemampuan berpikir yang kritis dalam menyelesaikan permasalahan dan guru memberikan umpan balik agar siswa aktif dalam pembelajaran. Dengan adanya kurikulum Islam terpadu di SMP dapat membangun kemampuan siswa, karena di dalam kurikulum Islam terpadu mengintegrasikan kurikulum dengan pendekatan holistik yang menggabungkan pengetahuan dengan nilai-nilai ajaran Islam yang menambah wawasan dan nilai keagamaan sehingga siswa dapat membangun metakognitif siswa dalam pembelajaran ditambah pada kurikulum Islam terpadu adanya  kegiatan-kegiatan keagamaan seperti tahfidz dan KKD yang menambah wawasan berpikir siswa.

References

Arifin, Zainal. (2011). Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Desmita. (2017). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja. Rosdakarya.

Dinata, Sukma dan Syaodih, Nana. (1999). Pengembangan Kurikulum Teori Dan Praktek, Bandung: Rosda Karya.

Erwanto. (2019). Penerapan Kurikulum Jaringan Sekolah Islam Terpadu Jsit Dalam Pembentukan Karakter Religius Siswa Sampit Khoiru Ummah Rejang Lebong, Jurnal: al-Bahtsu, Vol. 04, No. 01.

Hamalik, Oemar. (2015). Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Bumi Akasara.

Hernawan, A.H. dan Resmini. (2014). Pembelajaran Terpadu di SD, in: Konsep Dasar Dan Model-Model Pembelajaran Terpadu, Jakarta: UniversitasTerbuka.

Jaenudin, Ahmad. (2012). Metakognitif Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam melalui Metode Problem solving, Jakarta: Skripsi UIN Syanf Hidayatullah.

JSIT Indonesia. (2014). Standar Mutu Kekhasan Sekolah Islam Terpadu, Jakarta: tanpa nama penerbit.

Katni dan Ode Muhammad Man Arfa Ladamay. (2015). Buku Perkuliahan Pengembangan Kurikulum PAI. Surabaya:Kopertais IV Press.

Mansur. (2001). Diskursus Pendidikan Islam, Yogyakarta: Global Pustaka Utama.

Mulyasa. (2007). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Suatu Panduan Praktis, Bandung:Rosda Karya.

Rebawa, Jaka. (2014). Studi Komparasi Implementasi Kurikulum KTSP dengan Kurikulum 2013 Mapel Pendidikan Agama Islam pada Kajian Standar Kompetensi Dan Budi Pekerti Kurikulum 2013, Mudarrisa: Jurnal Kajian Pendidikan Islam, Vol. 6, No. 1

Rohman, Mohammad dan Sofan Amri. (2013). Strategi dan Pengembangan Sistem Pembelajaran, Jakarta: Prestasi Pustakaraya

Rusman. (2018). Manajemen Kurikulum, Depok: PT. Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R dan D, Bandung: Alfabeta.

Sukirman, Dadang. (2009). Microteaching. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama RI.

Downloads

Published

2024-06-02

Issue

Section

Articles